Menampilkan Besaran Ukuran Ketebalan Garis Di AutoCAD

Admin kai-bekasi
Ketika anda menggambar, ketebalan garis pada AutoCAD terlihat memiliki ukuran yang sama sekalipun sudah diatur besarannya. Hal ini dikarenakan secara default Control Lineweight Display di AutoCAD non aktif sehingga garis akan terlihat sama semuanya.
Hal ini sebenarnya cukup bagus ketika proses penggambaran karena garis terlihat lebih rapih dan bersih, akan tetapi ketika mulai di print, jika ternyata ada kesalahan penggunaan ketebalan garis layer maka ketebalan garis baru terlihat sehingga justru hal ini malah membuat gambar print menjadi berantakan.
Oleh karena itu, sebelum di print, ada baiknya anda mengecek kembali struktur ketebalan garis pada penggunaan layer di AutoCAD agar hasil print gambar kerja AutoCAD anda terlihat lebih baik. Selain itu, pastikan anda memahami panduan plotting gambar di AutoCAD agar hasil print dapat dicetak dengan baik dan rapih

Implementasi :

Untuk itu anda harus mengaktifkan Control Lineweight Display ini agar besaran ketebalan garis dapat terlihat. Berikut langkah-langkahnya :
1. Jalankan Command : LW (LWEIGHT) kemudian ENTER
2. Centang Checkbox Display Lineweight
Langkah 2 Menampilkan Besaran Ukuran Ketebalan Garis Di AutoCAD
Sekarang garis yang memiliki ukuran tertentu akan terlihat berbeda. Untuk menonaktifkannya ke default yaitu dengan menghilangkan tanda centang pada checkbox Display Lineweight

Catatan :

Garis dengan ketebalan 0.25 kebawah biasanya tidak terlalu terlihat jelas perbedaan ketebalannya dari garis default
Saat menggambar sebaiknya anda matikan saja fitur ini karena akan cukup mengganggu. Aktifkan saja ketika anda akan memulai print untuk mengecek komposisi ketebalan garis agar hasil printnya bagus.

Comments