AutoCAD 2020, Apa yang Baru?

Admin kai-bekasi
Seperti biasa, Autodesk merilis software baru di kuarter pertama. AutoCAD selalu dirilis lebih dulu, diikuti software lainnya. Dulu orang begitu antusias ingin tahu apa yang baru, tapi sekarang tidak sama lagi. AutoCAD tidak banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir.
Menambahkan toolsets di AutoCAD 2019 merupakan langkah besar, namun bukanlah fitur baru. Autodesk hanya menggabungkan beberapa produk lama dalam satu bundel. Versi terakhir yang menurut saya perubahannya cukup signifikan adalah AutoCAD 2008. Mungkin 2010 bagi anda, jika anda banyak bekerja dengan 3D model.
AutoCAD 2020 juga masih sama. Fitur apa saja yang baru di AutoCAD 2020?

Tampilan AutoCAD

Antarmuka diperbarui, tentu saja. AutoCAD selalu memiliki tampilan yang “diperbarui”. Sekarang tampak lebih tajam dan lebih nyaman untuk dilihat.
Versi ini diklaim bekerja lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya. Bahkan instalasinya lebih cepat. Perbaikan ini cukup penting. Saya sudah lama tidak berharap akan ada perubahan signifikan di AutoCAD, tapi perbaikan performa dan dapat diandalkan sangat penting. Lebih cepat dan jarang hang, semua akan senang.

Measure Tool

Anda dapat menggunakan measure secara live dengan hanya menggeser pointer. AutoCAD akan menampilkan pengukuran secara langsung ke geometri terdekat dari pointer anda.
Image source:
https://blogs.autodesk.com/autocad/introducing-autocad-2020-autocad-lt-2020/

Block Tool Palette

Saya penggemar Tool Palette, tapi Block Palette masih perlu diperbaiki. Autodesk cukup banyak mengubah dialog box menjadi Palettes, dan banyak diantaranya sangat berguna. Saya berharap dengan menggunakan Palette, kita dapat mengubah pengaturan sebelum menempatkan block di gambar. Mengubah skala, rotasi, dsb. Namun ternyata cara kerjanya masih seperti dialog box biasa. Hanya saja sekarang anda tidak perlu menutup Palette setelah menempatkan block.
Block Palette tampak lebih kompak dan mudah digunakan, tapi sayang belum menawarkan fungsi baru. Mungkin di AutoCAD 2021, kita dapat melakukan lebih banyak dengan Block Palette?
Dan tentu, jika anda lebih suka dialog box yang lama, anda dapat menggunakan perintah CLASSICINSERT.

Perbaikan Perintah Purge

Dialog box purge diperbarui. Autodesk mengubah istilah
“View items you can purge” menjadi “Purgeable items”, tapi sebetulnya sama persis.
Fungsinya masih tetap sama, namun sekarang memiliki preview di sebelah kanan.
Ada satu perubahan yang sangat berguna: dialog ini memberikan informasi yang lebih baik untuk item yang tidak dapat di-purge. Anda dapat melihat berapa banyak item yang ada di gambar, di layer apa, bahkan anda bisa mencari block itu ada di dalam block apa (untuk nested block).

DWG Compare

Autodesk memperkenalkan DWG Compare di AutoCAD 2019. Fitur ini cukup berguna, namun yang cukup mengganggu adalah saat melakukan perbandingan, AutoCAD membuka tab sementara untuk melakukan komparasi. Artinya anda tidak dapat menandai perbedaan tersebut dengan revision cloud atau text.
Di AutoCAD 2020, AutoCAD membandingkan gambar di file yang sama. Hal ini memungkinkan anda menggambar revision cloud atau markup lain dan menyimpannya.

External Storage Providers

Autodesk menyatakan bahwa AutoCAD 2020 bekerja dengan baik dengan cloud storage lain. Pernyataan ini sedikit membingungkan. Semua program di Windows dapat bekerja dengan baik dengan cloud storage apapun. Saya sudah menggunakan Dropbox dan OneDrive selama bertahun-tahun. Jadi kenapa diklaim sebagai fitur baru?
Ternyata fitur ini baru untuk AutoCAD web, bukan versi desktop. Sekarang anda dapat menggunakan cloud storage lain, selain A360 untuk bekerja dengan AutoCAD web.
Hal ini jelas berguna jika anda menggunakan AutoCAD web dan menyimpan file anda di cloud!

Tidak Banyak Fitur Baru…

Jujur saja, tidak banyak fitur baru yang tampak. Revit 2020 punya lebih banyak fitur baru dibandingkan AutoCAD 2020. Mungkin karena AutoCAD adalah produk yang sudah matang sebagai alat drafting. Mungkin juga karena pengguna AutoCAD secara konsisten menolak menggunakan fitur baru dan berusaha membuat AutoCAD tampak “normal” seperti versi lama. Contohnya tidak banyak pengguna yang memakai Dynamic Block dan Sheet Set,
Bisa jadi Autodesk lebih fokus ke “mesin” AutoCAD itu sendiri, membuatnya lebih cepat dan lebih dapat diandalkan.
Sudahkah anda mencoba AutoCAD 2020? Apakah anda menyukainya?
Silahkan Komentar dibawah ini ya, salam satu garis

Comments