Cara Membuat konfigurasi iPart di Autodesk Inventor

Admin kai-bekasi

Buat konfigurasi iPart
Kandidat yang baik untuk iPart adalah bagian dasar yang sering Anda gunakan dalam berbagai ukuran, bahan, atau konfigurasi pemasangan. Saat Anda mengubah bagian menjadi iPart, Anda menentukan parameter dan properti yang harus diubah untuk setiap bagian.

Anda juga dapat membuat iPart yang digerakkan oleh tabel dan menggunakannya untuk membuat iFeature yang digerakkan oleh tabel jika seluruh bagian akan digunakan sebagai iFeature. Gunakan perintah Extract iFeature untuk menyimpan iPart sebagai iFeature. Setelah iFeature yang digerakkan tabel disimpan ke lokasi katalog, gunakan Penulis iFeature untuk membuat perubahan pada tabel.
Catatan: Tidak ada tautan antara iPart asli dan iFeature. Simpan file bagian jika Anda ingin menyimpan salinan iPart asli.

Dalam tabel Penulis iPart, Anda menentukan masing-masing anggota iPart dengan menentukan nilainya. Jika suka, Anda dapat menambah atau mengedit anggota dalam spreadsheet Microsoft Excel yang disematkan. Untuk iParts standar, setiap baris tabel adalah anggota iPart.
Di versi sebelumnya, iParts lama menggabungkan nilai-nilai kunci untuk membuat nama file. Sekarang, kolom Anggota di tabel iPart menghasilkan nama file default berdasarkan nama iPart. Setiap nama anggota bertambah. Secara opsional, klik Opsi di kotak dialog iPart Author untuk mengatur skema penamaan yang berbeda, atau masukkan nama baru di sel anggota.
Anda dapat membuat iPart standar atau iPart khusus .
Catatan: Tambahkan lokasi file ke proyek aktif karena anggota iPart disimpan sesuai dengan jalur pencarian Anda di proyek aktif.

Siapkan parameter bagian

Merupakan ide bagus untuk membuat bagian yang relatif dekat dengan ukuran sebenarnya dan kemudian menggunakan dimensi untuk membuat sketsa geometri tepat. Anda dapat mengedit dimensi jika perlu saat membuat tabel iPart.
Jika Anda tahu bahwa Anda ingin bagian menjadi bagian yang digerakkan oleh tabel, buat parameter dengan nama yang bermakna saat Anda menambahkan dimensi. Misalnya, dalam kotak edit dimensi, ketikkan Panjang = 75mm. Panjang sketsa akan berubah menjadi 75mm, dan sebuah parameter akan dibuat dan ditambahkan ke tabel dengan nama Panjang.
Parameter muncul dalam urutan yang Anda tambahkan di tabel iPart. Berikan perhatian pada urutan yang Anda tambahkan sehingga kolom parameter terkait dikelompokkan.
1.      Saat Anda membuat dimensi bagian, buat parameter dengan mengetikkan nama parameter diikuti dengan nilai. Misalnya, Panjang = 75mm.
2.      Pada pita, klik tab Model 3D Parameter panel Parameter .https://help.autodesk.com/cloudhelp/2018/ENU/Inventor-Help/images/ac.menuaro.gif https://help.autodesk.com/cloudhelp/2018/ENU/Inventor-Help/images/ac.menuaro.gif
3.      Tentukan parameter dan properti mana yang akan diubah dengan setiap anggota. Ganti nama parameter dengan nama deskriptif dan dikenali.
Dalam contoh ini, dimensi ditampilkan sebagai d0 dan d1. Anda dapat membuat parameter Panjang dan Lebar saat Anda menambahkan dimensi ini atau Anda dapat membuka tabel Parameter dan mengganti namanya menjadi Panjang dan Lebar.
4.      Buat hubungan dengan parameter lain sesuai kebutuhan. Misalnya, atur posisi tengah lubang silinder ke panjang / 2 atau lebar / 2 . Parameter yang ditentukan oleh hubungan dengan parameter lain didahului oleh fx di jendela grafik.
Saat Anda membuat atau mengedit fitur, Anda dapat memasukkan nama parameter atau persamaan di kotak dialog dimensi atau di kotak dialog fitur.
5.      Simpan file.

Buat iPart standar

6.      Klik Manage tab Author panel Buat iPart untuk membuka iPart Author. Semua parameter yang diubah namanya di kotak dialog Parameter sudah ditambahkan sebagai kolom dalam tabel iPart.https://help.autodesk.com/cloudhelp/2018/ENU/Inventor-Help/images/ac.menuaro.gif https://help.autodesk.com/cloudhelp/2018/ENU/Inventor-Help/images/ac.menuaro.gif
Jika Anda tidak mengubah nama parameter, tambahkan ke tabel satu per satu.
7.      Di panel kiri, browser menampilkan semua data bagian. Klik parameter dan kemudian klik panah sertakan untuk menambahkan parameter ke tabel.
Untuk menghapus parameter, klik parameter di panel kanan dan kemudian klik panah Hapus.
Tip: Setiap nilai yang dipilih adalah kolom dalam tabel iPart, jadi sertakan hanya item yang memerlukan nilai berbeda di anggota iPart.
8.      Klik tab dan tambahkan atribut yang diperlukan. Sebagai contoh:
·        Pada tab Properti, perluas folder Proyek dan tambahkan Nomor Bagian. Di tabel iPart, beri masing-masing anggota nomor bagian yang unik. Ketika Anda menempatkan versi iPart, daftar material dan daftar komponen Anda mutakhir.
·        Pada tab Penekan, tambahkan fitur yang status penekannya ingin Anda kontrol.
Tip: Saat membuat bagian, Anda dapat menekan fitur dan menambahkan yang baru, sehingga Anda dapat menentukan beberapa konfigurasi bagian dalam satu file. Di tabel iPart, Anda dapat mengubah status penekanan fitur untuk setiap anggota.
·        Pada tab iFeatures, tambahkan iFeatures yang dimasukkan yang ingin Anda sertakan dalam tabel. Anda dapat menentukan nilai baris iFeature dan status penekanan untuk setiap baris di tabel iPart.
·        Pada tab iMates, iMates secara otomatis disertakan jika status fitur Compute, tetapi tidak disertakan jika ditekan.
·        Pada tab Fitur Kerja, sertakan satu atau beberapa fitur kerja, jika diinginkan. Fitur kerja mungkin berguna saat membatasi bagian-bagian dalam suatu perakitan. Untuk komponen listrik, fitur kerja disertakan secara default.
·        Pada tab Thread, sertakan atau kecualikan parameter utas, jika ada. Keluarga adalah perbedaan penting di antara utas, jadi sertakan itu sebagai minimum.
·        Pada tab Sheet Metal, sertakan: Style Sheet Metal, Sheet Metal Unfold style dan / atau Flat Pattern Orientation sesuai kebutuhan untuk konfigurasi Anda.
·        Pada tab Lain, buat nilai seperti Warna, Bahan, atau Nama File.
Kolom Nama Anggota secara otomatis menghasilkan nama unik untuk membedakan setiap anggota iPart.
Jika Anda mengubah nama anggota dari default, itu mengubah nama file.
9.      Tinjau kolom dalam tabel iPart untuk menentukan kolom mana yang akan ditetapkan sebagai Kunci, seperti material atau ukuran, dengan mengidentifikasi karakteristik utama dari iPart.
Catatan: Jika iPart akan diekspor sebagai iFeature, Anda dapat menetapkan nilai Key1 untuk mengidentifikasi karakteristik spesifik dari iFeature di peramban dari file bagian tempat ia digunakan.
Di panel kanan, klik kanan atribut dan pilih Kunci. Klik panah dan pilih nomor untuk menentukan urutan. Misalnya, jika Anda selalu memilih bagian berdasarkan panjangnya, dan kemudian lebarnya, tentukan panjang sebagai Key1 dan lebar sebagai Key2.
Tip: Nilai kunci dicantumkan secara berurutan di browser dan tab Keys dari kotak dialog Place iPart. Tentukan hanya kunci yang diperlukan untuk menghindari kekacauan browser. Kolom kunci ditandai dengan ikon kunci.
10.   Klik kanan pada tabel dan pilih Sisipkan Baris. Ubah nilai yang diperlukan untuk membuat anggota iPart.
Anda dapat terus menambahkan baris dan kolom sesuai kebutuhan. Pertimbangkan mengedit tabel dalam spreadsheet sehingga Anda dapat memanfaatkan fungsi seperti salin dan tempel, rumus, dan penyortiran.
11.   Klik kanan baris tabel dan pilih Set as Default Row. Baris default ditunjukkan oleh latar belakang hijau. Baris Default secara otomatis dimasukkan ke dalam rakitan ketika ditempatkan, kecuali anggota iPart yang berbeda dipilih.
12.   Klik OK untuk membuat iPart. Anda dapat mengedit iPart nanti untuk menambah atau menghapus baris atau menyesuaikan preferensi Anda.
13.   Simpan file.

Buat iPart khusus

14.   Buat iPart standar, menggunakan instruksi di bagian sebelumnya.
15.   Pada satu atau beberapa tab di iPart Author, tentukan nilai khusus yang akan dimasukkan ketika iPart ditempatkan.
16.   Jika nilainya belum ada di tabel iPart, pilih di panel kiri, lalu klik panah Sertakan untuk menambahkannya.
17.   Di tabel iPart, tentukan sel atau kolom untuk memasukkan nilai khusus:
·        Klik kanan pada kolom dan pilih Kolom Parameter Kustom.
·        Klik kanan di sel mana saja dan pilih Custom Parameter Cell. Gunakan teknik ini untuk membuat hanya satu baris yang memungkinkan entri kustom.
Kolom atau sel khusus ditandai dengan latar belakang biru.
18.   Simpan file.
Bagian lembaran logam dapat mencakup fitur yang ditambahkan ke pola datar. Ketika bagian seperti itu menjadi iPart khusus, fitur pola datar ini tidak dapat:
19.   didorong melalui penggunaan parameter
20.   tertindas
Contoh iPart Kustom: Hitung parameter khusus di Microsoft Excel
Mengatur kolom ke Kustom berarti Anda dapat mengatur nilai secara independen dari tabel iPart untuk anggota tersebut.
Anda dapat menggunakan parameter khusus untuk menghitung nilai dalam tabel iPart. Sel dan kolom yang dihitung dalam Microsoft Excel memiliki latar belakang merah bila dilihat dalam tabel iPart.
Di iPart, kolom ditambahkan menggunakan properti Deskripsi.
Menggunakan rumus Microsoft Excel di kolom Deskripsi, setiap versi iPart dihitung secara otomatis.
Pertimbangkan contoh iPart yang ditunjukkan sebelumnya:
21.   Di file bagian, gunakan perintah Parameter untuk menambahkan Parameter Pengguna untuk Lebar, Tinggi, dan Panjang.
22.   Di iPart Author, tentukan lima kolom:
·        Pada tab Parameter, pilih Lebar, Tinggi, dan Panjang.
·        Pada tab Properti, pilih Deskripsi dan Nomor Bagian.
23.   Klik kanan kolom Panjang dan atur sebagai Key1. Ketika iPart ditempatkan dalam sebuah majelis, hanya panjangnya (Key1) yang ditampilkan di browser.
24.   Klik OK untuk menutup kotak dialog iPart Author dan menyimpan file.
25.   Klik kanan tabel di bagian browser dan pilih Edit via Spreadsheet.
26.   Di spreadsheet, Lebar, Tinggi, dan Panjang berada di kolom A, B, dan C. Di sel D2 (baris data pertama) dari kolom Deskripsi, masukkan rumus:
Rumus ini mengambil nilai dalam kolom A, B, dan C dan menghitung hasil di kolom Deskripsi. Menggunakan nilai dan unit Anda, hasilnya terlihat seperti rumus berikut:
2 mm x 10 mm x 50 mm
Setiap anggota iPart dihitung secara terpisah.
27.   Simpan spreadsheet.
Catatan: Untuk menghindari roll-up Daftar Suku Cadang, Anda dapat menggunakan teknik yang sama untuk menyesuaikan kolom Nomor Bagian dan memberikan masing-masing contoh iPart nomor bagian unik. Konsultasikan dengan Microsoft Excel untuk informasi lebih lanjut tentang penggunaan fungsinya.

Buat file anggota baru

Setelah Anda membuat baris anggota di iPart, Anda dapat membuat file.
28.   Di browser, klik untuk membuka iPart. Nama-nama anggota bersarang di bawah ini.
29.   Klik kanan nama anggota dan pilih Hasilkan File untuk membuat file di komputer Anda. Itu terletak di folder yang sama dengan file induk.
30.   Lanjutkan untuk memilih anggota dan menghasilkan file.
Catatan: Jika sesuai, Anda dapat melewati pembuatan file anggota secara manual. Ketika Anda mengkonsumsi anggota dengan menempatkannya dalam rakitan atau membuat tampilan gambar, file secara otomatis dihasilkan.


Comments