Mensimulasikan pengikisan dinding menggunakan SOLIDWORKS Flow Simulation

Admin kai-bekasi
Pada satu sistem pemipaan, salah satu pertimbangan yang perlu diperhitungkan adalah tingkat perawatan menanggulangi terjadinya kerusakan komponen-komponen saat digunakan. Seringkali terjadi, ketika adanya benda padat yang ikut bersama aliran udara/gas mengakibatkan terjadinya kerusakan-kerusakan pada elbow atau branch pipa. Pengikisan/erosi yang terjadi mengakibatkan penipisan pada dinding-dinding pipa sehingga pada satu waktu akan terjadi kebocoran pada beberapa bagian dari sistem perpipaan.
Fenomena ini bisa juga disimulasikan dengan menggunakan SOLIDWORKS Flow Simulation. SOLIDWORKS Flow Simulation merupakan software add-in analisa CFD pada SOLIDWORKS. Dengan menggunakan SOLIDWORKS Flow Simulation, user dapat mensimulasikan bentuk aliran yang terjadi pada suatu model, baik itu aliran yang terjadi di dalam model (internal flow) misalnya aliran fluida didalam pipa.
Ada banyak tipe fluida tersedia dalam database SOLIDWORKS Flow Simulation :
flow sim 1
Mendefinisikan batasan-batasan kondisi sistem yang terjadi :
flow sim 2
Lalu menggunakan fitur “particle study”, kita bisa menggambarkan batasan kondisi untuk benda solid/liquid yang ikut mengalir bersama dalam aliran :
flow sim 3
Lalu untuk hasilnya kita bisa lihat bagaimana partikel tersebut ikut dalam aliran :
flow sim 4
Juga berapa besar tingkat erosi yang terjadi pada dinding-dinding model, jika ingin mengukur efek erosi dari partikel terhadap dinding-dinding model yang dilalui aliran :
flow sim 5
Sekian artikel tentang SOLIDWORKS Flow Simulation 

Comments