Menampilkan Rincian BQ Partisi Ruangan

Menampilkan Rincian BQ Partisi Ruangan

Admin kai-bekasi
Sebelum kita bisa menghasilkan perhitungan luasan-luasan dinding partisi, Kita perlu membuat berbagai macam tipe partisi berbeda dan diberi nama berbeda agar dapat dengan mudah diidentifikasi tiap jenisnya. Cara membuat tipe dinding sudah diulasi di tutorial sebelumnya yaitu disini

Setelah selesai pemodelan dinding-dinding partisi & panelnya, masuk ke tab view, klik icon Schedule-Schedule/Quantities.

Pilihan menu Schedule/Quantities di tab View

Akan muncul jendela New Schedule, pada filter list pastikan checklist pilihan Architecture. Lalu muncul kategori item-item Architecture, pilih walls, klik Ok.


Jendela Pilihan New Schedule


Pilih Walls untuk mengeluarkan informasi kategori dinding
Setelah itu jendela akan berganti menjadi Schedule Properties seperti dibawah ini. Pilih informasi pada Available Fields yang akan dijadikan kolom di tabel BQ dengan cara klik 2x pada masing-masing field nya.

Pilihan field nya antara lain :
Type : Jenis dinding partisi atau panel sesuai dengan yang dimodelkan di 3d
Width : Ketebalan
Area : Luasan area
Cost : Biaya perluasan

Pilihan informasi terkait dengan wall yang dapat dimasukkan ke dalam kolom BQ

Pilih Kolom-kolom informasi yang dibutuhkan

Tambahan kolom dengan formula atau calculated value

Selain informasi yang disebutkan diatas, kita dapat menambahkan formula perkalian dengan fitur Calculated Value, klik tombol fx seperti gambar diatas, lalu beri nama dengan Biaya Pemasangan dan isikan formula dengan mengetik : Area * Cost. Untuk type isi dengan Area karena basis perhitungan formula diambil dari informasi area. Klik Ok


Membuat Calculated Value yang merupakan perkalian area dengan cost atau biaya permeter

Biaya pemasangan akan muncul dalam kolom baru

Setelah klik OK informasi yang dipilih diatas akan muncul dalam bentuk tabel Schedule atau BQ seperti dibawah ini.

Hasil keluaran informasi schedule

Setelah tabel muncul, kita masih dapat mengatur field dan pengaturannya pada jendela properties disebelah kanan. Pengaturannya antara lain :

Fields : Informasi yang dapat ditambahakan atau dikurangi
Filter : Menyaring data untuk dimunculkan atau disembunyikan
Sorting/Grouping : Mengurutkan berdasarkan kolom yang kita inginkan
Formatting : Format isian kolom
Appearance : Tampilan garis tabel 

Pengaturan schedule masih dapat dilakukan di tab properties



Kita juga bisa menambahkan kolom lain sebagai data tambahan seperti Keynote. Keynote merupakan catatan khusus untuk memberikan catatan mengenai tipe objek. Keynote dapat digunakan untuk menyaring item-item yang ingin kita tampilkan atau sembunyikan.



Pada tampilan dibawah, terlihat kolom baru Keynote telah ditambahkan, dapat diisi dengan keterangan, misal dinding core dan dinding kaca luar diisi dengan 'Sipil', selanjutnya yang memiliki keterangan sipil ini dapat kita sembunyikan karena kita hanya akan mengeluarkan informasi dinding interior.





Pada menu Sorting/Grouping dapat dipilih metode sorting, kita akan mensorting berdasarkan Type, jadi pilih Type untuk Sort by, Centang pilihan footer dan pilih Title, count, and totals, gunanya untuk menampilkan jumlah kalkulasi untuk masing-masing tipe.

Pada tab Filter, kita akan memanfaatkan Keynote, pilih Filter by : Keynote, pilih does not equal, lalu pilih Sipil. Dibawahnya kita dapat melanjutkan filter, pilih Keynote, does not equal, pilih out. Dengan cara ini dinding dengan keterangan 'Sipil' dan 'out' tidak akan ditampilkan dalam daftar BQ. Terlihat di jendela dibawah ini, setelah klik OK akan muncul schedule atau BQ dinding Partisi yang disesuaikan sesuai kebutuhan.





Selanjutnya kita bisa masuk ke tab Formatting untuk tampilan isi dari kolom. Pilih Area, dibagian kanan pilih Right untuk Alignmen agar posisi teks rata kanan. Pilih Field Format, atur formatting untuk satuan. Selanjutnya dibagian bawah pilih Calculate totals agar Revit menghitung jumlah total untuk kolom ini. Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk kolom Biaya Pemasangan.





Hasilnya terlihat dari tabel dibawah, setelah kolom cost untuk masing-masing tipe diisi dengan biaya terpasang permeter, kolom Biaya Pemasangan akan Terisi serta kalkulasi total biaya akan muncul dibagian bawah.



Comments