Mahasiswa Polman Astra Meraih Juara I National Skills Competition UNSADA Expo 2019

Mahasiswa Polman Astra Meraih Juara I National Skills Competition UNSADA Expo 2019

Admin kai-bekasi
Jum’at, 11 Oktober 2019. Nama Politeknik Manufaktur Astra harum kembali. Seorang mahasiswa Politeknik Manufaktur Astra yang bernama Gregorius Giga A. P. atau kerap kali disapa Giga meraih juara pertama dalam ajang lomba National Skills Competition UNSADA Expo 2019 cabang lomba Autodesk Inventor.
Sumber : Dimas
NSC UNSADA EXPO 2019 ini merupakan bagian daripada kegiatan UNSADA EXPO 2019 yang digelar oleh Universitas Dharma Persada, Jakarta Timur. Lomba Autodesk Inventor sendiri merupakan lomba di bidang CAD (Computer Aided Design). Lomba ini diikuti oleh 19 peserta dari berbagai Universitas dan Politeknik di Jakarta.

Giga menuturkan lomba ini terdiri dari 2 sesi masing-masing 3 jam. Lomba ini mengharuskan peserta menyelesaikan soal yang telah disediakan. Pada dasarnya 2 sesi ini memiliki soal dengan jenis yang sama yaitu tentang Mechanical Assembly dan Detail Drawing for Manufacture, hanya saja isi dari soal setiap sesi ini yang berbeda. Pada sesi pertama mengenai Actuator, sementara sesi kedua mengenai Air Regulator. Nah pada soal ini para peserta diharuskan membuat model 3D dari gambar kerja komponen yang diberikan lalu para peserta diminta untuk merakitnya menjadi sebuah unit tanpa tahu posisi-posisi dari setiap komponennya, sehingga para peserta benar-benar menggunakan ilmu Teknik untuk merakit semua komponen yang sudah dibuat. Outputnya nanti berupa Gambar Assembly dan gambar bongkaran yang merupakan deskripsi bagaimana cara merakit dan melepas unit tersebut.

Lomba ini diselenggarakan selama 1 hari yaitu pada 11 Oktober 2019. Giga menuturkan bahwa dia tak memiliki persiapan apapun untuk mengikuti lomba ini dikarenakan jadwal kuliah yang ia miliki padat. Tetapi, jauh sebelum mengikuti lomba ini, Giga sudah memiliki pengalaman terkait bidang lomba ini. Ia mengatakan bahwa agar dapat memenangkan lomba ini yaitu dengan memahami gambar teknik dengan baik, tekun berlatih dengan software CAD, dan diperlukan ketelitian dalam setiap langkah yang dilakukan agar tak terjadi kesalahan. .

(Fikri Adriansyah/4pm.jurnalistik)

Comments