MENAMPILKAN CENTER OF GRAVITY DI DRAWING

MENAMPILKAN CENTER OF GRAVITY DI DRAWING

Admin kai-bekasi
Center of gravity merupakan informasi titik acuan keseimbangan yang sangat diperlukan untuk proses material handling. Dimana titik ini adalah cikal bakal untuk peletekan lifting lug dan pembuatan packing skid. Inilah kawan mengapa kita memerlukan gambar dalam bentuk 3D dimana jikalau menggunakan 2D sangat sulit untuk mendapatkan akurasi yang tepat untuk titik tersebut.
Untuk mendapatkan COG di assembly kita dapat menggunakan feature yang berada di tab view panel Visibility. Perhatikan gambar dibawah ini :

Nah yang menjadi permasalahan adalah bagaimana cara menampilkannya digambar kerja karena feature ini tidak tersedia dalam bentuk icon pada dashboard Inventor di drawing environment. Berikut kita akan coba bahas cara menampilkannya di drawing/gambar kerja. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Pilih view yang terdapat digambar kerja kemudian klik kanan dan pilih find in browser untuk mendapatkan posisi model di browser. Perhatikan gambar dibawah ini :
    2. Pastikan posisi model yang akan kita tampilkan COG dengan mengklik icon model di browser. Indikasi posisi model terpilih adalah bentuk view digambar kerja akan seperti ter-highlight. Perhatikan gambar dibawah ini :
    3. Selanjutnya klik kanan icon model di browser dan pilih center of gravity. Perhatikan gambar dibawah ini :
    4. Dan akan keluar sebuah point yang menampilkan posisi dari COG tersebut. Dan kita dapat meletakkan simbol COG di titik tersebut. Berikut hasilnya.

    Selamat mencoba dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk kawan-kawan yang sedang mendalami Inventor .

Comments