Inventor Database Connectivity

Admin kai-bekasi
Mengguhubungkan database ke software CAD seperti Autodesk Inventor bukanlah perkara yang mudah. Hal ini mungkin disebabkan minimnya pengetahuan akan DBMS dan programming. Saya sendiri perlu waktu kurang lebih satu tahun untuk menemukan teknik ini. Dan sampai “memaksa” saya untuk kembali duduk kebangku kuliah di jurusan Sistem Informatika.
Apa perlunya menghubungkan database ke software CAD ?
Untuk perusahaan berskala besar yang sudah menerapkan database system untuk mengontrol data Inventory terhadap raw material tentulah hal ini sangat2 diperlukan. Dimana masing2 raw material akan di identifikasikan berdasarkan penomoran tertentu.
Hal ini mulai saya tekuni ketika bekerja pada sebuah perusahaan yang menerapkan ERP (Enterprise Resource Planning). Ada banyak no yang harus diingat. Salah satunya nomor untuk material plate yang dipisahkan berdasarkan ketebalan dan type material tertentu. Tentunya akan sangat membosankan ketika kita harus melihat no material (art number) ketika harus menggunakan material tertentu.
Salah satu teknik yang saya coba kembangkan dan pelajari adalah mengoneksikan database ke Autodesk Inventor menggunakan vb.net. Semoga bisa membukan wawasan untuk kawan2 yang sedang mempelajari database + Inventor. Mari berkarya.
Berikut hasilnya :


lihat video

sumber : https://udaaf.wordpress.com/

Comments