Membuat Lantai (Floor)

Admin kai-bekasi
Objek-objek yang paling awal penulis buat dalam mendesain bangunan adalah lantai dan dinding. Karena bentuk lantai dan dinding menentukan bentuk layout susunan ruang serta fungsi. Sebelum memulai, pastikan setting unit menggunakan satuan yang sesuai dengan kebiasaan atau proyek anda. Caranya dapat dilihat disini. Oke langsung saja, pertama-tama klik tool floor, lalu gariskan bentuk lantai dilayar kerja. Klik titik awal, arahkan lalu keting angka untuk panjang garis, lalu tekan enter. Begitu seterusnya hingga membentuk garis lantai yang diinginkan dan bertemu dengan titik awal. Perhatikan bahwa garis harus menutup ke titik awal, jika tidak garis tidak akan terbentuk. Juga garis tidak boleh bersebrangan satu sama lain. Klik finish sketch untuk menyelesaikan. 



 


Setelah itu anda dapat menyetting properties lantai mulai dari material penyusunnya, lapisan-lapisan hingga jenis permukaan lantai. Cara penyetelan untuk semua objek dapat ditinjau disini. Untuk melihat view 3d klik icon 3d di tab view, selanjutnya view 3d akan muncul di project browser.
Jika anda membentuk area tertutup ditengah-tengah area lantai maka secara otomatis akan membentuk lubang. Lubang ini pada prakteknya dapat berfungsi sebagai void lantai atas atau dapat diisi dengan jenis lantai lain. Selain garis lurus, kita dapat juga membuat garis lengkung. Opsinya ada dibagian atas area kerja.



Perhatikan contoh gambar yang sudah memiliki beberapa jenis lantai berbeda yaitu lantai utama, lantai teras & lantai wc. Termasuk dalam kategori lantai juga, penulis membuat jalanan sebagai pelengkap dan rumput sebagai area hijau tentunya dengan tampilan yang sudah disesuaikan agar terlihat seperti jalan ataupun rumput.




Membuat Dinding

Selanjutnya cara membuat dinding sedikit berbeda dengan membuat lantai. Jika memerlukan sesi sketch pada saat membentuk lantai, maka untuk membentuk dinding dapat langsung menarik garis-garis dinding dilayar kerja dinding akan langsung terbentuk. Klik ikon Wall, lalu gariskan dilayar kerja atau mengikuti bentuk lantai. Anda bisa langsung mencoba menggaris dilayar kerja atau dapat mengambil beberapa opsi ditombol bagian atas layar kerja. Opsi tersebut berupa pick line dengan logo seperti kursor panah. Dengan pick line kita dapat mengklik garis lantai yang ada dan dinding akan langsung terbentuk. Opsi ini akan sangat berguna ketika kita mengimpor file denah dari aplikasi CAD lain, dimana kita dapat membentuk dinding hanya dengan sekali klik pada garis file cad yang diimpor. Jangan lupa untuk memilih titik as diatas area kerja. Titik as ini dapat berada ditengah, pinggir luar atau pinggir dalam dinding. Silahkan dicoba masing-masing opsinya. Properties dinding menyangkut material penyusun dan ketebalannya dapat mengikuti panduan tutorial sebelumnya disini.


Lebih jelasnya mengenai cara menggaris objek dinding dijelaskan disini

Membentuk Dinding Secara Vertikal

Dinding yang kita buat melalui denah bentuknya adalah persegi panjang jika dilihat dari tampak depan maupun samping. Kita dapat membuat bentuk dinding sesuai keinginan, misal dinding berbentuk segitiga sebagai sopi-sopi, dinding berlubang untuk lubang angin, atau dinding miring sebagai bagian batas samping bangunan. Caranya adalah pada tampak samping, depan atau tampak 3d kita dapat mengklik dinding yang akan diubah, lalu klik edit profile dibagian atas layar kerja, maka profil dinding akan muncul sebagai garis berwarna pink. Garis ini dapat kita ubah dan lukis sesuai keinginan kita menggunakan line atau pick line. Perhatikan gambar dibawah.












  
Selain itu ada opsi attach & detach. Dengan mengklik dinding dan opsi attach kita dapat mencantumkan bagian atas maupun bawah dinding agar menempel persis dilantai atas, juga bisa untuk menempelkan bagian atas dinding mengikuti bentuk atap.
Perhatikan dalam membentuk objek lantai maupun dinding, posisi lantai dan dinding akan berada pada lantai yang aktif. Misal kita mengklik 2 kali view lantai 1 di project browser, maka apa yang kita lukiskan dilantai kerja akan berada dibangunan bagian lantai 1, begitu seterusnya.


Tips

Tips dari penulis, hindari membentuk objek dilayar 3d, karena posisi objek yang kita bentuk belum jelas berada dilantai mana. Aktifkan dulu level yang dituju dengan mengklik 2kali view level atau lantai, lalu kita akan mulai membentuk objek dari tampak atas. Untuk modifikasi baru dapat menggunakan view 3d karena posisi objek sudah jelas. Berikut beberapa karya penulis sebagai referensi. Proses membuat lantai dan dinding dapat berlangsung silih berganti, dengan kata lain tidak harus menunggu semua lantai terbentuk untuk membuat dinding, begitupula sebaliknya.








Comments