TIPS DAN TRICK MENGGUNAKAN AUTOCAD DAN INVENTOR

Admin kai-bekasi

TIPS DAN TRICK MENGGUNAKAN AUTOCAD DAN INVENTOR

AUTO CAD
AutoCAD merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar ataupun merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai “Computer-aided drafting and design program” (CAD). Program ini dapat digunakan dalam semua bidang kerja terutama sekali dalam bidang-bidang yang memerlukan keterampilan khusus seperti bidang Mekanikal Engineering, Sipil, Industri, Arsitektur, Desain Grafik, dan semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan CAD. Untuk memperlancar kita belajar Program Autocad, ada beberapa tips yang memudahkan kita supaya cepat mengerti / memudahkan proses belajar:
  1. Object Snap
 Osnap adalah tool / Alat yang memudahkan kita untuk menagkap titik tertentu dalam suatu garis / object, misalkan ujung garis / titik tengah. Setelah itu bisa diatur mana yang mau dihidupkan dan mana yang tidak . Saya akan merekomendasikan untuk mengaktifkan Osnap no. 2 , 3 , 4 yaitu Osnap Midpoint , Quadrant dan Tangent .
1.A Midpoint
Ketika diaktifkan, AutoCAD membantu menagkap titik tengah dari suatu garis . contohnya waktu menggambar garis tengah suatu kotak. Supaya dapat menagkap titik tengah dari Garis horizontal bagian atas, Osnap Midpoint harus diaktifkan dulu baru klik ditengah garis, walaupun titik yang kita klik tidak pas ditengah, namun akan dibantu oleh Autocad supaya titik awal garis yang mau kita buat PAS ditengah.
1.B Quadraant
Osnap Quadrant membantu kita untuk menangkap titik sudut 0, 90, 180, dan 270 derajat dari sebuah lingkaran.
1.C Tangen
Osnap tangen menangkap titik singgung terluar dari sebuah lingkaran terhadap ujung garis. perhatikan gambar diatas, kita menggambar 2 buah garis yang menghubungkan 2 buah lingkaran, Osnap yang diperlukan adalah tangen supaya kita bisa menangkap titik terluar lingkaran.
  1. Tips menggunakan Mouse
2.1 Pan
Menggeser layar menggunakan scroll wheel Mouse. Caranya, tekan lalu tahan tombol scroll wheel dari mouse (yang posisinya ditengah) maka Layar gambar akan bergeser.
2.2 Zoom
Memperbesar / memperkecil tampilan layar. Caranya, geser-geser scroll wheel mouse keatas atau kebawah, maka layar gambar akan membesar / mengecil (zoom).
  1. Mode Ortho
Bila ini diaktifkan , AutoCAD hanya akan menggambar garis vertikal atau horizontal saja . Jadi gambar yang kita buat tidak akan miring-miring karena sudah diluruskan oleh Autocad. tidak hanya penting saat menggambar garis ,Ortho juga sangat bermanfaat waktu melakukan perintah copy dan move. Ortho menjamin object yang kita Move bergerak sejajar sesuai arah yang kita inginkan.
  1. Setting satuan / unit gambar
Ketikkan perintah UNITS pada command windows dan tekan ENTER . Akan muncul Jendela Setting Unit seperti tampak pada gambar diatas. disini kia bisa menyetting unit menggambarmisalnya mm / Inch.
  1. Shortcut Keyboard
– Tombol ESC dan ENTER.
Dua tombol ini berfungsi untuk mengakhiri perintah Autocad, misalnya kita menggambar sebuah garis, setelah selesai tekan tombol ESC atau ENTER untuk mengakhiri perintah.
– Tombol DELETE
Tombol DELETE berfungsi menghapus sebuah objek. Untuk menggunakannya kita harus memilih objek yang akan dihapus lalu tekan tombol DELETE .
  1. Polar Tracking
Digunakan untuk menggambar garis dengan kemiringan tertentu, misalnya 45 atau 90 derajat.
  1. Berkomunikasi dengan Autocad
Autocad menggunakan Command windows untuk berkomunikasi dengan kita sebagai User, contohnya bila kita menekan perintah LINE maka Autocad akan menanyakan titik awal garis yang kita buat, pertanyaan ini muncul didalam Command Windows, Lihatlah pada gambar diatas.
  1. Menggambar Garis Pertama
Utuk menentukan Titik awal dari garis, Klik disembarang titik pada Layar Gambar. Untuk membuat garis klik sekali lagi. titik kedua sebagai ujung garis Tekan ESC
Berikut Cara Belajar AutoCAD Pemula
  • Syarat pertama tentunya anda harus memiliki aplikasi AutoCAD yang disesuaikan dengan spesifikasi komputer, agar untuk kedepannya tidak terjadi masalah sewaktu proses penggambaran.
  • Mulailah untuk menghafal perintah-perintah dasar menggambar dan editing seperti line, circle, trim, offset, fillet, dan lain sebagainya. Anda dapat melihat materi pemula pada menu kursus gratis.
  • Selanjutnya carilah seorang teman ataupun guru, dapat melalui online via facebook. Ini sangat berguna sekali sebagai tempat bertanya ketika anda mengalami kendala dalam menjalankan aplikasi AutoCAD.
  • Tahapan cara belajar AutoCAD tingkat dasar biasanya mulai dari 2D kemudian dilanjutkan dengan 3D. Kuasai dahulu 2D dengan menggambar bentuk-bentuk denah ruangan, objek, dll. Selanjutnya baru masuk ke ranah 3D.
  • Sering mengunjungi forum dan group yang berhubungan dengan AutoCAD untuk menambah ilmu dan pertemanan.
  • Jangan lupa untuk memanfaatkan situs video tutorial seperti youtube. Di sana anda akan mendapatkan banyak ilmu yang mungkin tidak terduga.
INVENTOR
Autodesk Inventor adalah salah satu produk dari Autodesk Corp. yang diperuntukan untuk enginering design and drawing. Autodesk Inventor merupakan produk dari CAD setelah AutoCAD dan Autodesk Mechanical Desktop. Autodesk Inventor memiliki beberapa kelebihan yang memudahkan drafter dalam design serta tampilan yang lebih menarik dan rill, karena material yang disediakan semirip material aslinya.
Ada beberapa tips untuk menggunakan Autodesk Inventor, antara lain :
  1. Sketching
Untuk proses sketching hampir sama ketika kita menggunakan software drafting. Seperti AutoCAD dll. Dimana ada line, arc, circle dan rekanan lainnya. Dan diproses ini terdapat apa yang dinamakan constraint. Pahami bagaimana constraint ini bekerja dan jangan ragu-ragu untuk menanyakan ahlinya yaitu F1 dan Visual Syallabus.
  1. Plane
Di Inventor kita kenal dengan yang namanya workplane sedangkan di ProE kita kenal dengan nama datum. Lagi-lagi silahkan tanya pada “ahlinya”
  1. Feature
Di Inventor terdapat feature standard yang biasa kita gunakan untuk melakukan 3D modeling di AutoCAD seperti extrude, revolve, sweep, loft dan helic. Hanya saja di Invetor fungsi dari feature tersebut lebih dikembangkan untuk mendapatkan kemudahan ketika melakukan 3D modeling. Seperti Join, cut dan intersect. Semuanya masuk dalam satu bundle. Dan ketika menemui kesulitan jangan lupa tanyakan “ahlinya”.
  • Part
 Part merupakan gabungan dari beberapa feature. Dimana bentuk sebuah part bisa dihasilkan dari kombinasi antar feature. Baik itu extrude, revolve dll
  • Assy
Assy merupakan gabungan dari beberapa part. Dimana untuk proses penggabungannya membutuhkan apa yang dinamakan constraint. Constraint dasar yang harus dipahami caranya kerjanya adalah Mate, Angle, Tangent dan Insert. Perhatikan bagaimana constraint ini bekerja. Jikalau mengalami kesulitan untuk memahaminya jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan “ahlinya”
  • Presentation
Untuk yang satu ini lebih berfungsi untuk membuat exploded view. Atau bisa dikatakan mebuat sebuah ilustrasi proses assy. Dimana kita bisa melihat proses assy. Untuk yang satu ini sangat-sangat mudah dipahami. Karena hanya ada feature yang bekerja namanya tweak component. Pilih part tentukan direction dan click n drag part tersebut sesuai arah (direction yang kita pilih) baik dia searah sumbu x, y dan z
  • Drawing
Proses terakhir dari sebuah design tentulah sebuah manufacturing drawing. Di Inventor kita akan dengan mudah membuat gambar 2D dari 3D modeling. Gunakan feature base view untuk mengambil part atau assy yang akan kita buat detailnya baik ukuran ataupun potongan. Untuk penskalaan tinggal ubah sesuai dengan selera dan kebutuhan. Untuk membuat proyeksi tampang depan, atas, samping dan isometric tinggal gunakan feature yang namanya projected view.
REFERENSI
  • AUTODESK INVENTOR/INVENTOR
http://www.tentangcad.com/2008/07/cara-mudah-menjinakan-inventor/

Comments