Panduan Lengkap cara Mencetak Gambar Autocad

Admin kai-bekasi

Print gambar AutoCAD (file bertipe .dwg) merupakan langkah terakhir untuk menerima output hasil kerja dengan sofware autocad. Dalam melaksanakan print gambar autocad , ada sedikit beda dengan cara melaksanakan print file Ms. Office , alasannya anda dapat memiih tipe plot style (penstyle) yang diinginkan. Pen style ini juga dapat anda buat sendiri untuk menerima hasil yang mengagumkan , menyerupai tebal-tipisnya objek , warna objek , dan setingan lainnya.

Cara print AutoCAD memang berbeda dengan print di aktivitas lain. Mulai dari interface yang berbeda hingga pada pengaturan skala gambarnya. Dan terkadang hal inilah yang membuat drafter pemula resah dan bertanya , bagaimana cara print autocad yang benar? Mencetak hasil pekerjaan di AutoCAD mampu dilakukan dengan 2 cara , yang pertama menggunakan layout yang kedua mencetak pribadi di model. Tapi saya sarankan anda mencetak autocad dari layout. Karena akan lebih mudah pengaturannya.

Cara Memplotting / Mencetak Gambar Autocad Pada Lembar Kerja Model 


Mencetak gambar Autocad bekerjsama sangatlah mudah alasannya anda hanya perlu melaksanakan sedikit settingan pada kotak Plot autocad. Oleh alasannya itu semoga anda paham bagaimana cara mencetak gambar autocad sesuai dengan yang diperlukan maka anda perlu mengetahui bagian-bagian pada kotak Plot beserta fungsinya terlebih dahulu , semoga nantinya anda tahu mana saja bab yang perlu anda setting. Berikut yakni bagian-bagian Plot beserta penjelasannya :

Panduan Lengkap cara Mencetak Gambar Autocad

Plot name : 

Digunakan untuk menentukan pilihan jenis/type/printer yang akan dipergunakan untuk mencetak gambar misalnya Epson Stylus Photo 360 ,cara ini juga mampu kita pergunakan untuk membuat file PDF dari gambar AutoCAD ,coba buka kembali goresan pena saya perihal cara merubah file dari AutoCAD ke PDF.

Papper Size : 

dalam kolom ini kita mampu melaksanakan settingan jenis dan ukuran kertas apa yang akan dipergunakan untuk mencetak gambar ,misalnya A4 ,A3 ,A2 ,A1 dsb.

Plot Area : 

Pada kolom plot area kita diberikan beberapa pilihan yaitu display ,limits ,extends dan yang terakhir windows. Secara umum , pabila melaksanakan plot pada lembar kerja Model kebanyakan menggunakan windows pada ketika memilih plot area , jadi kita hanya memilih area tertentu saja yang akan kita cetak ,kalau dalam microsoft word atau excell dinamakan plot selections. Berbeda bila memakai lembar kerja layout , sebaiknya menggunakan Display.

Plot offset  : 

Settingan ini digunakan untuk menentukan disebelah mana gambar akan kita cetak ,apakah posisi kiri ,kanan atau tengah ,nah bila kita memutuskan untuk mencetak gambar sempurna ditengah kertas yang kita siapkan maka kita tinggal melaksanakan check list (centrang) pada kotak center the plot. Hal ini berafiliasi juga dengan printable area gambar.

Plot scale : 

Settingan ini digunakan untuk menentukan Skala gambar , kita boleh melaksanakan skala pembesaran maupun skala pengecilan ,misalnya 1:1 maka gambar dengan benda ukuranya sama ,dst.

Plot style table : 

Settingan ini digunakan untuk mengatur warna gambar hasil cetakan , artinya kita mampu melaksanakan print out dengan warna sesuai dengan gambar di komputer ,atau hanya hitam putih saja ,kebanyakan yang dipergunakan yakni none berarti untuk mencetak gambar berwarna ,dan monochrome untuk mencetak gambar menjadi hitam putih.

Drawing orientations : 

pada kolom ini kita melaksanakan settingan terhadap arah kertas yang akan dipergunakan untuk mencetak gambar ,dalam hal ini pilihanya ada dua yakni landscape atau potrait.

Apply to layout :

Digunakan untuk menyimpan settingan ploting yang sudah anda atur , bila anda tidak mengklik ini setelah melaksanakan settingan maka apabila akan mencetak Anda harus mensetting ulang lagi

Preview :

Digunakan untuk melihat hasil tamat gambar yang akan dicetak , jadi sebelum mencetak gambar sebaiknya cek dulu dengan cara mengklik tombol preview ini. 

Setelah anda mengetahui bagian-bagian pada setting Plot beserta penjelasannya , diperlukan anda akan lebih mudah memahami dalam mempraktekkan bagaimana cara mencetak pada Autocad. Adapun untuk mempelajari cara mencetak gambar autocad , silahkan baca artikel berikut :

Comments